Menyajikan Informasi dan Model Baju Muslimah terbaru serta Berbagai Artikel Menarik Lainnya

Sabtu, 26 Desember 2015

Resep Kue Basah ( Kue Lapis Pelangi )

Resep Kue Basah ( Kue Lapis Pelangi ) - Kue lapis merupakan salah satu jenis kue basah yang sudah tidak asing lagi kita lihat di pasar-pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern ataupun di toko-toko kue. Selain mudah untuk ditemukan, kue ini sangat akrab dilidah masyarakat dengan teksturnya yang  lembut, rasanya manis dan sangat cocok dimakan dalam kondisi apapun. Kue ini biasanya dibuat dengan warna-warni sehingga membuat anak-anak juga tertarik ketika melihatnya. Dan dengan tampilan yang menarik tersebut membuat setiap orang suka dan ingin mencicipinya.

Selain rasanya enak, kue lapis pelangi ini mengandung beberapa manfaat untuk kesehatan karena didalamnya terdapat protein nabati, mineral, vitamin dan gizi. Hal ini semua karena terkandung dalam bahan utama pembuatan kue lapis pelangi tersebut yaitu dengan menggunakan tepung beras. Dinamakan kue lapis karena memang warna kuenya dibuat variasi atau di selang seling warnanya sehingga terlihat berlapis-lapis. Kue lapis ini banyak didapat atau sering menjadi andalan ketika ada acara syukuran, tujuh bulanan, arisan, resepsi pernikahan dan pengajian. Terlebih lagi ketika kita bepergian atau weekend sangat cocok untuk dijadikan cemilan keluarga, selain sehat juga terasa sangat nikmat.
                                                                                
Resep Kue Basah ( Kue Lapis Pelangi )
Bagi anda yang kerepotan keluar rumah untuk membelikan kue lapis pelangi, tidak usah bingung lagi. Berikut kami bagikan resep praktisnya.
 
Bahan :
 
300 gr tepung beras putih
120 gr tepung kanji
800 ml santan kental
2 lembar daun pandan
300 gr gula pasir
1 sendok teh garam
Pewarna makanan secukupnya sesuai keinginan berapa warna yang digunakan, jika anda menginginka 7 warna layaknya pelangi. Anda harus menyediakan warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu
secukupnya.
 
Cara membuat Kue Lapis Pelangi :
 
Rebus santan kental bersama daun pandan, garam dan gula pasir diatas api sedang sambil diaduk-aduk supaya santannya tidak pecah, tunggu sampai santannya mendidih. Kemudian siapkan satu wadah untuk mencampurkan antara tepung kanji dan tepung beras putih. Selanjutnya tuangkan santan yang telah mendidih tadi kedalam wadah yang berisi tepung. Aduk sampai merata. Setelah semua tercampur rata, bagi adonan sesuai dengan berapa jumlah warna yang digunakan. Jika anda memang menggunakan tujuh warna berarti bagikan adonan tersebut menjadi tujuh bagian. Setelah adonan dibagi-bagi, berilah ketujuh warna tadi kedalam adonannya masing-masing lalu aduk sampai tercampur rata.
Panaskan loyang segi empat dalam kukusan yang telah diolesi mentega atau minyak atau juga menggunakan kertas roti. Tuangkan adonan dimulai dari warna merah selama lebih kurang 10 menit, lalu tambahkan lagi dengan warna jingga selama 10 menit, lalu angkat tambahkan lagi warna kuning juga selama 10 menit, lalu warna hijau, biru, nila dan ungu masing-masing selama 10 menit. Kukus lagi kue lapis tersebut selama kira-kira  20-30 menit. Setelah matang, dinginkan lalu potong sesuai dengan selera. Kue lapis pelangi siap dihidangkan. Selamat menikmati dan selamat mencoba!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Kue Basah ( Kue Lapis Pelangi )

0 komentar:

Posting Komentar