Menyajikan Informasi dan Model Baju Muslimah terbaru serta Berbagai Artikel Menarik Lainnya

Rabu, 23 Desember 2015

Resep Kue Basah ( Kue Lumpang )

Resep Kue Basah ( Kue Lumpang ) - Kue lumpang merupakan salah satu kue basah khas atau makanan tradisional dari Indonesia. Namun, kue lumpang ini sudah populer dimana-mana sehingga anda dapat menikmatinya dimana saja anda berada. Kue lumpang ini memiliki citarasa yang kenyal dan manis, sehingga sangat cocok untuk lidah anda. Dalam membuat kue setiap orang mempunyai keterampilan yang berbeda termasuk dalam pembuatan kue lumpang ini. Kue lumpang sangat cocok untuk menjadi teman ngopi anda di pagi hari. Kue ini termasuk salah satu kue basah dan merupakan jajanan pasar yang sangat mudah untuk ditemui. Kue lumpang yang lembut ini membuat lidah anda selalu bergoyang ketika menikmatinya dikarenakan teksturnya lembut dan kenyal.

Cara membuat kue ini sangat mudah tetapi juga harus memiliki ketelitian tertentu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kue ini biasanya disajikan dengan taburan atau baluran dari kelapa parut yang sudah dikukus dengan campuran garam dan gula agar terasa lebih gurih. Kue ini dinamakan kue lumpang dikarenakan bentuknya agak cekung ditengah sehingga menyerupai lumpang. Biasanya kue lumpang ini berwarna hijau atau diberi warna hijau dari daun suji dan ada juga yang berwarna cokelat yang diberi pewarna dari karamel atau gula merah. Dalam pembuatan kue ini terkadang gampang-gampang susah, karena masih banyak juga yang gagal dalam pembuatannya. Untuk itu, mari kita simak cara pembuatan kue lumpang berikut ini!

                      
Resep Kue Basah ( Kue Lumpang )



Bahan :
 
100 gr tepung beras
2 sdm tepung kanji
90 gr gula pasir
200 ml santan 
1/2 sdm  pasta pandan, atau juga dapat diganti dengan pewarna daun suji secukupnya
1 sdt garam ( secukupnya )
1 sdm minyak goreng untuk mengoles cetakan ( secukupnya )

Bahan pelengkap :
100 gr kelapa yang setengah tua parut memanjang campur dengan 1 sdt garam lalu kukus selama 10 menit.


Cara Membuatnya :
 
Campur tepung beras, tepung kanji, garam, dan gula pasir lalu aduk sampai rata. Kemudian sembari diaduk tambahkan santan sedikit demi sedikit sampai habis. Lalu tambahkan juga pasta pandan diaduk sampai rata sehingga menjadi adonan yang licin. Oleskan mangkuk atau cetakan dengan minyak agar tidak lengket. Panaskan kukusan, lalu tuang adonan kedalam setiap mangkuk atau cetakan-cetakan hingga selesai. Kukus selama 35 menit sampai kue tersebut matang. Setelah kue lumpang matang keluarkan satu persatu sambil dilumuri dengan kelapa yang sudah diparut dan sudah dikukus pula. Sajikan kue lumpang di atas piring dan selamat menikmati.
 
Demikian informasi dari kami tentang resep kue lumpang untuk anda uang suka memasak dan senang mencoba berbagai macam kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Kue Basah ( Kue Lumpang )

0 komentar:

Posting Komentar